HEALING

Breathwork sebagai sarana eksplorasi diri

Mengenal diri (Self-knowledge) adalah sebuah pencarian yang dalam dan tak terbatas.  Pada kenyataannya, sering kali kita hanya melihat diri kita pada permukaannya saja tanpa melakukan penggalian lebih mendalam dan menganalisa pikiran, perasan, kebiasaan, keinginan dan cita-cita kita. Proses mengenal diri secara sederhana dapat diawali dengan melakukan eksplorasi diri.  Ekslorasi diri melibatkan pengamatan terhadap diri sendiri, yang meliputi mencari tahu dan menyadari sepenuhnya apa yang terjadi pada tubuh, pikiran, perasaan dan ego kita.

Eksplorasi diri bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan mengingat begitu banyaknya kesibukan dalam kehidupan kita baik yang berasal dari diri pribadi maupun dari lingkungan sekitar sehingga kita tidak lagi terhubung dengan diri  sendiri.  Oleh karena itu eksplorasi diri sering kali tidak menjadi prioritas bahkan menempati urutan paling akhir diantara semua kegiatan kita.

Terdapat berbagai cara eksplorasi diri diantaranya dengan cara menganalisa dan merenungkan secara mendalam hal-hal yang baik dan yang buruk yang pernah kita lalui dalam hidup kita. Proses eksplorasi diri memakan banyak waktu dan terkadang melelahkan serta menyakitkan terutama saat kita kembali mengingat kegagalan dan kenangan-kenangan pahit yang pernah kita alami. Proses eksplorasi diri kebanyakan melibatkan pemikiran dan analisa hingga sering kali kita melupakan apa yang terjadi atau apa yang dirasakan oleh tubuh kita karena kita sibuk melakukan analisa.

            Breathwork adalah salah satu metode yang dapat digunakan untuk eksplorasi diri selain untuk mengatasi trauma dan penyembuhan (self-healing). Breathwork menggunakan teknik pernafasan conscious connected breathing yang memungkinkan peserta secara aktif untuk hadir dan menerima apapun yang mungkin muncul selama sesi tersebut.  Proses eksplorasi diri dan self-healing terjadi secara spontan dan otonom oleh higher intelligence dalam diri.