PSYCHOLOGY

Energi psikologi : energi sebagai salah satu metode penyembuhan

Energi psikologi sebuah istilah yang tidak banyak dikenal oleh masyarakat luas, namum demikian salah satu metode yang digunakan dalam energi psikologi yang cukup populer adalah EFT (Emotional Freedom Techniques). Apakah yang dimaksud dengan energi psikologi ? Energi pskologi adalah kumpulan pendekatan yang berfokus pada pikiran dan tubuh untuk memahami hubungan antara pikiran, emosi, sensasi dan tingkah laku dengan menggunakan konsep bioenergi (misalnya konsep meridian, cakra, dan lain-lain). Fred Gallo, Roger Callahan, dan David Feinstein adalah perintis yang mengembangkan energi psikologi berakar pada konsep pengobatan tradisional Tiongkok dan Qi-gong.
David Feinstein, seorang psikolog klinis dan pendukung utama psikologi energi, menjelaskan pendekatan tersebut sebagai “akupunktur tanpa jarum.” Meskipun ada banyak variasi psikologi energi, metode yang paling terkenal dan umum dilakukan menggunakan teknik dari akupunktur dan akupresur dengan cara menstimulasi titik meridian untuk mengiirimkan sinyal ke otak dan membantu otak untuk mengatur emosi yang terkait dengan kondisi kesehatan mental.
Engergi psikologi didasarkan pada teori bahwa kesehatan mental dan kesehatan fisik terkait dengan perubahan aliran dan fungsi dalam medan energi dan medan listrik tubuh. Prinsip dasar terapi energi psikologi adalah mengurangi keadaan hiperarosal. Kondisi hyperarosal adalah keadaan dimana ingatan akan ketakutan/trauma atau keadaan tidak menyenangkan menimbulkan kondisi peningkatan aktivitas psikologi dan fisiologi yang melibatkan ketegangan otot, penurunan toleransi rasa sakit, perasaan takut, kesulitan tidur dan peningkatan respon emosional. Dengan memberikan stimulus yang berulang-ulang pada titik meridian disertai dengan imajinasi dan intensi dapat mengurangi hyperarosal.
Hingga sat ini sudah terdapat puluhan metode energi psikologi termasuk diantaranya yang paling popular adalah Emotional Freedom Technique (EFT), Thought Field Therapy (TFT), dan Tapas Acupressure Technique (TAT selain itu masih banyak lagi metode sejenis seperti Advanced Integrative Therapy (AIT), Neuro Emotional Technique (NET), Heart-Assisted Therapy (HAT). Tapping/ketukan pada bagian tubuh tertentu bukanlah satu-satunya cara melepaskan sumbatan dan mengurangi hyperarosal, cahaya, medan magnet dan elektromagnetik, musik dan suara serta teknik visualisasi dapat membantu mngatasi sumbatan. Hal ini merupakan prinsip dasar dari mekanisme biofeedback: apa yang kita rasakan dapa kita ubah dengan menyadari, mengukur dan meniatkan perubahan tersebut.
Penelitian tentang energi psikologi masih sangat kecil meskipun sudah mulai memperlihatkan bukti efektifitas pengunaan petode tersebut untuk mengatasi trauma. Namun demikian penelitian tersebut tidak terlepas dari kontroversi terutama mengenai bias dan efek pasebo. Energi psikologi akan menjadi bidang yang terus tumbuh dan berkembang sebagai metode alternatif terapi.

Sumber:
https://www.goodtherapy.org/learn-about-therapy/types/energy-psychology
https://www.researchgate.net/publication/236170434_Energy_Psychology_The_Future_of_Therapy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *