PHYSIOLOGY

Menata nafas dengan pranayama

Para yogi mempercayai bahwa panjang pendeknya umur ditentukan oleh nafas, semakin dalam anda bernafas semakin lama anda hidup.  Pranayama adalah suatu metode  mengatur nafas yang melibatkan berbagai teknik bernafas yang akan memberikan hasil yang berbeda.

Kata pranayama berasal dari bahasa sanskerta; prana yang berarti hidup (nafas) dan ayama yang berarti mengatur sehingga pranayama artinya mengatur nafas.  Dengan pranayama, kita mengatur nafas sehingga dapat mempengaruhi aliran energi yang ada pada tubuh dan pikiran kita.                             

Ketika kita mengontrol nafas kita dapat mengontrol pikiran.  Saat kita cemas biasanya kita cenderung bernafas lebih cepat dan lebih pendek dan mengirimkan sinyal pada sistem syaraf mengisyaratkan telah terjadi sesuatu yang tidak beres.  Dengan memusatkan perhatian pada nafas dan mengatur nafas kita dapat mengirimkan isyarat pada sistem syaraf bahwa semuanya aman dan pikiran menjadi tenang dan tubuh kembali menjadi relaks.   

Dalam yoga, pose sarvasana (corpse pose) atau posisi berbaring terlentang dengan kedua kaki sedikit dibuka selebar bahu dan kedua tangan disamping badan dengan telapak tangan menghadap langit.  Cara ini merupakan cara paling sederhana dan efektif untuk memperhatikan nafas. Amati nafas nafas anda yang semakin lama semakin teratur, tubuh relaks dan pikiran menjadi lebih tenang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *