PSYCHOLOGY

Yoga dan kreativitas

Yoga dan Kreativitas

Pada masa sekarang ini tidak hanya kecerdasan saja yang menjadi kunci pokok mengembangkan kemampuan anak, kreativitas menjadi salah satu komponen penting bagi keberhasilan anak. Jarang sekali pendidikan menekankan proses berpikir kreatif kebanyakan lebih mementingkan sisi intelektual.

Yoga yang berasal dari tradisi India kuno dan merupakan bagian dari disiplin Hindu untuk melatih kesadaran yang bertujuan untuk mencapai ketenangan dan pertumbuhan spiritual, melihat individu secara holistik (menyangkut semua komponen dalam diri manusia) baik dari segi fisik, mental, maupun intelektual. Yoga membantu tubuh dan pikiran mempertahankan keseimbangannya. Yoga secara teratur membantu menyeimbangkan fungsi otak kiri dan kanan, memberikan relaksasi dan menurunkan tingkat stres, dengan seimbangnya fungsi otak kiri dan kanan, maka secara otomatis, konsentrasi, daya ingat dan kreativitas pun dapat meningkat.

Suatu penelitian yang dilakukan terhadap sekelompok mahasiswa di sebuah universitas di Jakarta Pusat telah membuktikan bahwa yoga meningkatkan  skor kreativitas verbal secara signifikan pada kelompok subyek penelitian yang melakukan yoga secara teratur dalam periode tertentu.

Sumber: Agnes Consulting

http://journal.ubm.ac.id/index.php/psibernetika/article/view/559